Mengenal HTML : Pengertian dan Fungsinya Bagi Website

󠇰󠇰󠇰󠇰
Mengenal HTML : Pengertian dan Fungsinya Bagi Website

Ketika berbicara tentang dunia teknologi dan informasi, semua orang pasti pernah mendengar tentang website. Website memang menjadi kebutuhan untuk banyak. Website dianggap sebagai sarana penyebaran informasi yang cepat. Tapi pernahkah Anda membayangkan bagaimana website dibuat? Ya salah satu jawabannya adalah menggunakan HTML. HTML adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer.

HTML sendiri merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat website. HTML akan menjadi struktur dasar dalam pembentukan website. Nantinya kode–kode yang ditulis dalam bahasa HTML ini akan disimpan dan menjadi bentuk web yang seperti biasa kita lihat.

Pengertian HTML

HTML adalah kependekan dari HyperText Markup Language. Pengertian HTML sendiri merupakan sebuah bahasa pemrograman standar yang fungsinya untuk membuat website. Hampir seluruh website dibangun dengan menggunakan bahasa HTML ini. Bahasa HTML berisi berbagai macam kode, simbol, dan perintah tertentu.

Dalam penulisannya HTML juga akan menggunakan simbol dan tag tertentu. HTML juga akan berguna untuk pembuatan web statis. Bahasa HTML inilah yang nantinya akan menjadi dasar untuk mempelajari bahasa lain.

Fungsi HTML

Selain sebagai dasar pembuatan website, HTML juga memiliki beberapa fungsi lain. Fungsi HTML lainnya seperti :

1. Memudahkan Pengguna

Salah satu fungsi utama dari HTML adalah untuk memudahkan pengguna. Komputer akan mudah menerjemahkan semua halaman web tersebut. Fungsi dari penerjemahan ini adalah agar pengguna lebih mudah untuk membaca dan memahami isi dari web tersebut.

2. Merubah Format Text pada Halaman Website

Mungkin Anda sering melihat sebuah text memiliki tulisan yang miring, tebal, garis bawah, warna yang berbeda, atau yang lainnya. Cukup mudah untuk membuat hal tersebut jika Anda menggunakan Ms. Word. Namun pernahkah Anda melihat hal tersebut pada sebuah halaman website?

Inilah salah satu fungsi lain dari HTML. Dengan menggunakan tag dan simbol tertentu, maka HTML bisa menandai beberapa text dan merubah formatnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda bisa membuat huruf miring dengan tag <i>, huruf tebal dengan tag <b>, atau text dengan garis bawah dengan tag <u>. Itu adalah beberapa contoh format text yang sering digunakan. HTML juga masih bisa melakukan format yang lainnya.

3. Bahasa Dasar untuk Pembuatan Website

Meskipun saat ini website dibangun dengan bahasa pemrograman yang lebih kompleks. Namun pada dasarnya semua website ini dibangun dengan menggunakan bahasa HTML. HTML akan menjadi kerangka dari sebuah website. Kerangka inilah yang nantinya akan disempurnakan dengan menggunakan bahasa pemrograman lain seperti PHP atau Javascript.

4. Menampilkan Objek pada Halaman Website

Pada halaman website tentu tidak hanya berisi tulisan. Mungkin Anda akan melihat gambar, simbol, tabel, video, atau yang lainnya. Semua objek tersebut tidak akan muncul pada halaman website jika tidak menggunakan bahasa HTML. Semua objek tersebut harus menggunakan bahasa HTML untuk diletakan pada halaman web. Nantinya bahasa HTML ini akan diterjemahkan agar pengguna bisa melihat objek tersebut.

5. Membuat Elemen Lain pada Website

Selain isi, website juga berisi banyak elemen lain. Beberapa elemen pada website seperti header, footer, sidebar, navigasi, dan lainnya. Semua elemen ini akan dibentuk dengan menggunakan HTML. HTML secara default mampu membuat hal – hal seperti itu. Meskipun nantinya akan disempurnakan dengan menggunakan bahasa pemrograman lain.

6. Membangun Tampilan Website

Dalam pembuatan website, masalah desain memang lebih terkait dengan CSS. Namun sebelum menggunakan CSS maka tampilan website tersebut akan dibangun dalam bahasa HTML. Bahasa HTML ini yang nantinya akan menjadi kerangka untuk masalah desain dan tampilan.

Dimana Belajar HTML

Untuk yang masih bertanya apa itu HTML? Atau yang sudah mulai ingin belajar tentang HTML, kini banyak tempat untuk melakukannya. Dari mulai mengikuti kursus sampai mengikuti sekolah formal. HTML akan menjadi pelajaran dasar, karena bahasa ini akan sering digunakan.

Sebelum nantinya sebuah web disempurnakan dan ditambahkan banyak elemen lain, struktur dan kerangkanya akan dibuat dengan menggunakan HTML. HTML juga bisa digunakan untuk membuat web statis. Pengetahuan tentang fungsi HTML akan membantu Anda lebih mudah dalam mempelajari bahasa pemrograman yang lain.